DISTRIBUTOR PT NATURAL NUSANTARA

DISTRIBUTOR PT NATURAL NUSANTARA

Teknik Budidaya Tanaman Hias Organik


Budidaya Tanaman Hias disamping sebagai hiasan pekarangan rumah, tetapi dapat juga dijadikan sebagai mata pencaharian dnegan keuntungan yang cukupt itnggi. Untuk Anda yang memiliki niat untuk membudidayakan tanaman hias sebagai lahan bisnis, Anda setidaknya perlu tahu mengenai cara budidaya tanaman hias yang baik dan benar.
Dengan menanam tanaman hias di pekarangan rumah, dapat membuat suasana rumah menjadi lebih nyaman dan terasa sejuk. Ada beberapa jenis tanaman hias yang tidak hanya ditanam di pekarangan tapi dapat juga ditanam dalam ruangan rumah atau kantor. Tanaman holtikultural ditanam karena sebagai hiasan dan untuk dinikmati keindahan bunga, daun, buah maupun batangnya.
Jenis Jenis Tanaman Hias
Tanaman hias biasa, merupakan tanaman hias yang tumbuh dan dirawat di media tanah, biasanya di dalam pot atau di pekarangan rumah. Contoh tanaman bonsai dan palem.
Tanaman hias gantung, merupakan tanaman hias yang ditanam dengan media tanam dan diletakkan dalam pot tetapi tanaman tersebut diletakkan di udara dengan cara digantung. Contoh bunga anggrek, geranium, dan fuchsia.
Tanaman hias air (hidrofit), merupakan tanaman yang hanya dapat tumbuh di habitat perairan, biasanya ditanam di dalam kolam rumah. Contoh calla lily, selada air, apu-apu, melati air, dan lain-lain.

Teknik Budidaya Tanaman Hias Dengan Produk Nasa

Persiapan

Memilih Jenis Tanaman Hias
Beberapa tanaman hias yang mempunyai potensi bisnis yang cukup besar adalah bunga krisan, bunga anggrek, bunga kamboja, bunga kemuning, dan lain-lain.
Persiapan Peralatan dan Media Tanam
Perlatan yang perlu disiapkan adalah pot, sekop kecil, semprotan air dan media tanam berupa tanah dan pupuk kompos.

Penanaman

  • Siapkan pot dan media tanamnya. Media tanam tersebut adalah tanah yang sudah dicampur dengan pupuk kompos. Pembuatan media tanam hendaknya dilakukan beberapa hari sebelum proses penanaman, agar kandungan pupuk kompos dapat terserap ke dalam tanah.
  • Setelah media tanam siap untuk ditanami, selanjutnya tanamlah tanaman hias sesuai dengan jenisnya. Ada tanaman hias yang ditanam dari bijinya, ada yang berupa anakan, dan lain-lain. Jika tanaman hias yang Anda tanam menggunakan biji sebagai bibitnya, yang perlu diperhatikan adalah proses penyemaiannya agar bibit yang dihasilkan berkualitas. Setelah bibit siap tanam, masukkan bibit ke dalam pot yang sudah berisi tanah dan kompos. Lalu disiram air secukupnya. Yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan air harus terpenuhi agar bibit dapat tumbuh dengan baik.

Perawatan

Penyiraman rutin
Tanaman hias sebaiknya disiram secara rutin setiap hari untuk menjaga kebutuhan air yang akan digunakan dalam proses fotosintesis. Intensitas penyinaran oleh sinar matahari juga perlu disesuaikan dengan masing-masing jenis tanaman.
Pemupukan

  • Pupuk diberikan ke tanaman hias yang sedang dibudidaya untuk membantu pertumbuhan tanaman hias agar maksimal. Proses pemupukan yang disarankan untuk tanaman hias adalah :
  • Gunakan POC NASA sebanyak 3 tutup botol ditambah 1 tutup botol HORMONIK dan dicampur dengan 15 liter air kemudian aduk sampai merata. Masukkan campuran itu ke dalam tangki semprot.
  • Larutan tersebut lalu disemprotkan ke daun dan batang tanaman sampai merata atau disiramkan ke media tanam, dengan takaran 200 ml larutan tersebut per tanaman.
  • Pemupukan dilakukan setiap 1 minggu sekali dengan cara disemprot atau disiram ke media tanam.
  • Untuk hasil yang maksimal, tambahkan AERO-810 dengan dosis 0,5 botol. Karena fungsi dari AERO-810 ini adalah sebagai perekat perata dan pembasah agar pupuk yang sudah disiramkan ke tanaman tidak cepat hilang jika terkena guyuran air hujan.
  • Pemberian pestisida dan insektisida
Tanaman hias juga tidak luput dari serangan hama dan penyakit, sehingga Anda perlu memberikan pestisida dan insektisida sesuai dengan jenis hama dan penyakit yang sedang menyerang.
Demikian cara budidaya tanaman hias Semoga bermanfaat. Untuk 


Pemesanan Produk Nasa
Hubungi Kami
SMS/CALL/WA 085643296434 




Terima kasih atas kunjungan anda di situs kami agen nasa jogja